Sabtu, 14 Agustus 2010

Belajar Bahasa Korea (lagi)

created by : Rafisaaa di 07.25
KATA KERJA

Chulyo (mengantuk)
cabayo (memegang)
boryoyo (membuang)
miroyo (dorong)
kajowayo (bawa kesini)
kajokayo (bawa pergi)
kuchoyo (memperbaiki)
tambepiwoyo (merokok)
sayonghaeyo (menggunakan)
mandeuroyo (membuat)
taddoyo (menutup)
yoroyo (membuka)
sayo (membeli)
nohwayo (simpan)
irkoyo (membaca)
ssoyo (menulis)
masyoyo (menulis)
malhaeyo (berbicara)
bwayo (melihat)
deuroyo (mendengar)
anjayo (duduk)
irosoyo (berdiri)
gongbuhaeyo (belajar)
ssioyo (istirhat)
ilhaeyo (bekerja)
wayo (datang)
gayo (pergi)
ironayo (bangun)
chayo (tidur)

CARA MEMBUAT KALIMAT NEGATIF

=> dengan menggunakan akhiran " I/ga anida "
example : je abojineun byonhosaga animnida (ayah saya bukan seorang pengacara)

=> dengan mengubah " ittda " mnjd " opda "
example : do seogwane haksaengi opsseumnida (di perpus tdk ada siswa)

=> dgn mengubah "alda" mnjd "opda"
example : geu hanguk sarameun yeongeoreul moreunda (org korea itu tidak mengrti bahasa inggris)

=> dengan menambahkan "an" atau "ji-mothae"
example : eoje nae yeojachingu ga daehakgyoe an gasseoyo (kmrn cewekku ga pergi kuliah)
uri dongsengi hakgyoe gaji mothesseo (adikku g bs pergi skola)


==PERCAKAPAN SEHARI-HARI==

annyong haseo (apa kabar)
jhal jhinaeyo (baik-baik saja)
neol aldo dweyo? (boleh kenalan g?)
Ireum-i mwoyeyo? (siapa namamu?)
neoreul oppa/hyeong-ro bulleo do doeyo? (blehkah sy pggl kmu kk?)
ne, halsu isseoyo (oke, bisa)
jigeumeun mwohago isseoyo? (sekarang lg ngpain nih?)
meokgosseoyo? (kmu sudah mkan belum?)
jeonhwa be oneoneun mwoyeyo? (brp no. hp mu?)
uri chinguro jinaelsu eopsseoyo? (bisa g kita tmenan?)
naega bogosipeomyeon eotteoke chamda? (klo aq kgen am kmu gmn?)
namjachinguga doeeojullae? (maukah kau jd pacarku?)
narang sagwillaeyo? (maukah kau brkencan dgnku?)
otton umagul choa haseyo? (jenis musik apa yg anda suka?)
odi saseyo? (dmn anda tggl?)
neon neomu jal saengginiyeyo (kamu tmpan sekli)

KATA SIFAT

manhiyo/manhayo: banyak
seulphoyo: sedih
suiwoyo: mudah
oryowoyo: sulit
pebulloyo: kenyang
pegophayo: lapar
mewoyo: pedas
saranghaeyo: mncntai
pogosippoyo: kangen
keuriwoyo: rindu
jemi issoyo: menarik
jemi eopseoyo: tdk mnarik
matsisseoyo: enak
matseopseoyo: tidak enak
kakawoyo: dekat
moroyo: jauh
mugowoyo: berat
ssayo: murah
bissayo: mahal
siwonhaeyo: sejuk
chuwoyo: dingin
towoyo: panas
aphayo: sakit
kwiyowoyo: cute
yeppeoyo: cntk
bappayo: sibuk
kekeuthaeyo: brsih
turowoyo: kotok
joahaeyo: suka
sirhoyo: tdk sk/tdk mw
napayo: buruk
joayo: baik/ bgus

BAHASA HALUS DALAM KOREA

Kepada=hante,eke(ke)
Umur=nai(yonse)
Nama=irem(songham)
Rumah=jip(dek)
Orang itu=kesaram(ke bun)
Berbicara=malhada(malssemnida)
Makan=mokta(desida,siksahada)
Ada=itta(kyesida)
Tidur=jada(jumusida)
Nasi=pap(jinji)

KOSAKATA

Aedo (belasungkawa)
Ak (kesalahan)
Chaehae (bencana)
Chakpyôl (perpisahan)
Chayôn (alam)
Chasôn nambi (kotak amal)
Chigu (bumi)
chijin (gempa bumi)
chindong (getaran)
chiok (neraka)
chôkshipcha (palang merah)
chôm (ramalan)
chômch'ida (meramalkan)
chômjangi (peramal)
chonan (malapetaka)
chônjo (pertama)
chukta (wafat/meninggal)
chugûn (almarhum)
Adong (remaja)
Aech’ak (kasih sayang)
Aech’ôropta (menyedihkan)
Aein (kekasih)
Aejijungjihada (menghargai)
Aemôgida (menggoda)
Agassi (gadis)
Ajik (masih)
Aksuhada (berjabat tangan)
Alda (mengenal)
Ama (mungkin)
An-gida (dipeluk)
Ayang (kegenitan)
Chaemiitta (menarik hati)
Chajonshim (harga diri)
Changga (perkawinan)
Chilt’uhada (cemburu)
Choahada (suka/cinta)
Chôgûi (kebencian)
Chohwa (serasi)
Chôlgyohada (memutuskan persahabatan)
Chôngbu (kekasih gelap)
Chôngdapta (lembut)
chônhwahada(menelpon)
chôpkûn (pendekatan)
chujenômta (lancang)
ch’ai (perbedaan)
ch’amhan agassi (gadis yang cantik)
ch’ak’an saram (orang yang baik hati)
ch’in-gu (teman)
ch’inhada (bersahabat)


0 komentar:

Posting Komentar

jika kalian suka dengan artikel ini, silakan tinggalkan komentar di sini. NO SPAM AND PORN !!

 

Korean Wave Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review