Kamis, 21 Oktober 2010

Hanbok Korea

created by : Rafisaaa di 03.51
Hanbok adalah pakaian tradisional Korea. Pertama kali diturunkan dari zaman kuno Korea,pada Dinasti Joseon (1392-1910).

Sejak Korea memiliki bahan melimpah untuk membuat pewarna, warna kaya disajikan melalui Hanbok. Warna hidup tentang Hanbok memainkan peranan penting untuk mengekspresikan keindahan Hanbok dengan gaya yang relatif sederhana.

Pada masa itu paham Konfusianisme diterapkan secara legal di Korea. Saat itu, terjadi pembedaan pakaian yang dikenakan masyarakat Korea. Golongan Yangban (Golongan Atas) mengenakan hanbok berwarna-warni dengan hiasan bordir dan sulaman yang indah dan bahan yang terbuat dari sutra. Golongan masyarakat umum atau rakyat biasa mengenakan hanbok sederhana terbuat dari bahan kain katun dengan pembatasan warna, yakni hanya warna putih, pink muda, hijau muda, dan abu-abu.

Seratus tahun yang lalu, Korea mengenakan "Hanbok" dalam kehidupan sehari-hari, tetapi hari ini mereka biasanya tidak memakainya. Korea pada saat ini memakai Hanbok biasanya di acara-acara khusus seperti pernikahan dan hari libur tradisional. Hanbok disesuaikan dengan kehidupan modern lebih pendek dan lebih mudah untuk dikenakan atau bergerak. Ada banyak jenis SangHwal Hanbok (Daily Life Hanbok) dan orang-orang yang masih mencintai pakaian tradisional mereka. Para desainer Korea telah terus-menerus memperkenalkan Hanbok ke mode internasional menunjukkan seperti Pret-a-Porte di Perancis, dan orang-orang di seluruh dunia menunjukkan minat mereka pada Hanbok.
Hal ini sangat sesuai untuk gaya hidup-duduk di lantai Hanok, Perumahan gaya Korea, dan baik pada semua orang terlepas dengan bentuk tubuh dengan volume.

Perempuan Hanbok pada dasarnya dibuat untuk ① Jeogori (garmen atas), ② Chima (rok), ③ ④ sokbaji dan sokchima (celana dan di bawah rok), dan ⑤ beoseon (kaus kaki). Kenakan sokbaji dan sokchima pertama, beoseon berikutnya, dan memakai Jeogori setelah memakai Chima. Bila Anda memakai Chima, ujung kiri harus dan mengikat tali di depan. Anda dapat memakai Durumagi sebagai pakaian luar.

Hanbok pria terdiri dari Sokgoui ①, ② Jeogori, dan ③ Baji (Pants). Kenakan pakaian dan Sokgoui pertama, dan memakai Baji; menyesuaikan ukuran pinggang dengan cara melipat ke kiri dari pusat di depan. Kenakan Jeogori, dan memakai beoseon ④ dan daenim ⑤ dasi di sekitar pergelangan kaki.

Istilah Hanbok itu sendiri berasal dari kata han dan bok. Han adalah sebutan untuk orang Korea: orang Han, sedangkan bok adalah pakaian. Jadi, saat kita menyebut Hanbok sebenarnya kita menyebut "pakaian orang Han".

Hanbok dan Aksesoris

1. Norigae
Norigae merupakan salah satu ornamen pribadi, yang dipakai di string-mantel dalam atau luar atau di pinggang Chima (rok). Emas, perak, permata, atau sulam telah sering digunakan sebagai bahan nya.

2. Binyeo
Binyeo disebut gye, Chae, Jam, dan banyak digunakan dari Dinasti Joseon (1392-1910). Ada berbagai bentuk dan bahan dari Binyeo, tergantung kelas orang yang memakainya. Hal ini terdiri dari sebuah tubuh panjang dan kepala, dan orang-orang menghiasi kepala dengan berbagai bahan dan warna.

3. Jokduri
Jokduri adalah disimpan di kepala perempuan di upacara. Hal ini terus terang terbentuk dan terbuat dari sutera hitam. Wanita menaruhnya di atas kepala dan memperbaikinya dengan Binyeo.

4. Ayam (Jobawi) Banyak wanita meletakkan Ayam di kepala mengenakan Hanbok Saenghwal (Hanbok modern-style) saat ini. Ini meliputi dahi untuk menangkis dingin. Ada juga Ieom untuk melindungi telinga terhadap dingin. Mereka digunakan dari Dinasti Joseon (1392-1910).

5. Beoseon
Beoseon adalah kaus kaki Korea unik yang cocok dengan Hanbok. Kedua laki-laki dan perempuan memakainya, dan memainkan peran besar dengan Kkotsin (sepatu Korea terbuat dari karet dengan pola bunga di atasnya) untuk membawa pakaian Korea halus.

6. Jeogori adalah Bagian atas hanbok seperti rompi

7. Dongjeong adalah Bagian kerah berwarna putih.


9. Baerae sama dengan Jeogori namun dengan bentuk lengan pendek atau disebut juga magoja atatu rompi luar.

10. Chima adalah Rok terluar dengan warna-warna ceria.

11. Sokbaji : Dalaman chima dengan bentuk seperti celana.

12. Ssukechima : Biasa digunaka oleh wanita korea jika keluar rumah

13. Sokchima :Dalaman chima dengan bentuk seperti rok.


Untuk Pria

Gat : Topi pria Korea

Changot : zaman Jeoseon dipakai oleh orang-orang kelas bangsawan atau orang terpandang. Merupakan varian lain hanbok selain hanbok yang biasa kita lihat.

Soxgui : Bagian dalam Jeogori

Durumagi : Pakaian terluar yang dipakai pada waktu-waktu tertentu, dipakai setelah Sokgui.

Baji : Celana

Sokbaji : Dalaman baji

Kkotsin : Sebutan untuk sepatu yang terbuat dari sutra


0 komentar:

Posting Komentar

jika kalian suka dengan artikel ini, silakan tinggalkan komentar di sini. NO SPAM AND PORN !!

 

Korean Wave Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review